Ini Hal-hal yang Perlu Diketahui dari Mid-Autumn Festival

mid-autumn9

 

Salah satu hal yang penting dari festival tradisional Tiongkok adalah festival Mid-Autum Festival yang jatuh pada tanggal 15 bulan atas.

Tahun ini, Mid-Year Festival jatuh pada tanggal 27 September 2015.

Di hari itu juga, diperingati festival panen raya sejak buah, sayuran, dan biji-bijian mulai dipanes saat itu.

Ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai acara khusus tersebut. Mungkin ini bisa menjadi panduan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pada hari besar itu.

 

mid-autumn2
Perayaan kuno untuk mengirim doa ke bulan dipertunjukkan di Xiamen tahun lalu

Legenda

Legenda di festival pertengahan musim gugur atau Mid-Autumn Festival adalah Houyi, seorang pemanah yang menyelamatkan bumi dengan  menembak jatuh 9  matahari.  Dia kemudian menjadi penguasa tirani dan mencuri ramuan ajaib dari dewa. Tetapi istrinya yang cantik, Chang’e meminum ramuan ajaib itu dan menyelamatkan orang-orang dari kekejaman suaminya.

Setelah meminum ramuan itu, Chang’e ditemukan mengambang sambil memegang seekor kelinci untuk menemaninya dan mereka terbang ke bulan. Ketika warga setempat mendengar hal itu, mereka kemudian membuat meja pemujaan untuk mengirimkan doa bagidewi Chang’e. Warga berdoa demi kebahagiaan dan keselamatan Dewi Chang’e. Sejak saat itulah, pemujaan dan penghormatan kepada bulan dilakukan selama festival Mid-Autumn dan menjadi terkenal

 

mid-autumn5
Seorang anak membuat kelinci

Sejarah

Mid-Autumn Festival telah dirayakan sejak 2.000 tahun yang lalu. Di masa lalu, kerajaan Tiongkok berdoa pada surga untuk mendapatkan keuntungan di tahun berikutnya. Mereka memilih pagi hari pada tanggal 15 bulan atas kedua untuk berdoa pada matahari dan pada malam harinya pada tanggal 15 bulan atas kedelapan dirayakan untuk menghormati bulan.

Di awal dinasti Tang (618-907), perayaan ini akhirnya diresmikan sebagai festival tradisional. Festival ini semakin kuat dipertahankan selama masa dinasti Song (960-1279). dan menjadi pada masa dinasti Ming (1368-2644) dan masa dinasti Qing (1644-1911), festival ini menjadi terkenal. Festival ini terus dirayakan hingga saat ini dan semakin banyak yang melakukan berbagai cara untuk mengembangkan perayaan festival Mid-Autumn.

 

mid-autumn3
Kue Bulan

Makan Mooncakes

Salah satu hal yang penting saat festival Mid-Autumn di Tiongkok adalah makan kue bulan dan merupakan simbol dari kesatuan seluruh keluarga. Di awal festival, kue bulan disediakan sebagai persembahan pada bulan. Kata kue bulan pertama kali muncul di wilayah tenggara pada masa dinasti Song (1172-1279). Sekarang, kue bulan diberikan sebagai hadiah untuk orang-orang yang dicintai dan menggambarkan keinginan orang-orang untuk bersama-sama selama festival Mid-Autumn.

 

Sumber: Chinadaily

 

Facebooktwittergoogle_plusmail

One thought on “Ini Hal-hal yang Perlu Diketahui dari Mid-Autumn Festival

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *