Penghasilan Pelaku Seni di Korea Selatan Rata-rata Rp. 768 juta Pertahun

Dispatch kembali membuat publik terhenyak.

Kali ini, Dispatch mengabarkan kalau penghasilan rata-rata yang diterima aktor di Korea Selatan per tahun sebesar Rp. 768,5 Juta pertahun.

Tetapi, 9 dari 10 aktor bahkan ada yang hanya menerima penghasilan Rp. 113 juta pertahun.

Hasil ini diperolah dari jumlah laporan pajak yang diterima departemen pajak Korea Selatan untuk penghasilan tahun 2015. Ada sekitar 15.423 aktor yang melaporkan pajaknya.

Dari hasil laporan ini, dilihat dari statistik yang menunjukkan kalau 154 aktor ada di posisi 1% orang yang memiliki penghasilan besar.

Rata-rata, penghasilan mereka pertahun sebesar Rp. 22 miliar. Sedangkan aktor yang masuk dalam 10% penghasilan tertinggi di Korea Selatan, memiliki penghasilan pertahun sebesar Rp. 4 miliar.

Sedangkan 90 persen aktor (13.881 ) lainnya mendapat penghasilan rata-rata sebesar 7 juta Won atau sekitar Rp. 79 juta pertahun.

Artinya mereka hanya mendaparkan kurang lebih Rp. 6,5 juta per bulan. Jumlah yang cukup kecil untuk pelaku seni di Korea Selatan.

Jika dilihat dari angka-angka tersebut, aktor yang ada di daftar 1% penghasilan tertinggi ini memiliki 280 kali lipat dari penghasilan 90 % aktor yang menerima penghasilan kecil itu.

Di industri musik juga terlihat pelaku seni ini memiliki penghasilan yang tidak jauh berbeda dari penghasilan seorang aktor.

Di posisi 1% (hanya 45 musisi) yang menerima penghasilan sebesar 3.1 miliar Won atau sekitar Rp. 35 miliar per tahun.

Sedangkan musisi yang masuk 10% penerima penghasilan tertinggi memiliki rara-rata penghasilan sebsar Rp. 7 miliar per tahun.

Sementara itu, kalau dilihat dari perbandingan jenis kelaminnya, penghasilan seorang aktor lebih besar dibandingkan aktris. Penghasilan mereka lebih besar 9 juta Won atau sekitar Rp. 102 juta dibandingkan penghasilan aktris.

Namun di posisi 1%, aktris yang jumlahnya lebih sedikit tetapi penghasilannya lebih besar 8 Won atau sekitar Rp. 90 juta dibandingkan aktor.

Ini berbeda dengan penghasilan di industri musik. Musisi pria jauh lebih besar penghasilannya dibandingkan musisi wanita. Penghasilan musisi wanita 2,4 kali lipat dari musisi pria.

Dan jumlah musisi pria yang masuk 1% penerima penghasilan terbesar didominasi oleh musisi pria. Ada sekitar 38 musisi pria sedangkan musisi wanita hanya 7 orang.

Facebooktwittergoogle_plusmail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *