Presiden KBS Diturunkan dari Jabatannya dan Karyawan Kembali Bekerja

Setelah 141 hari karyawan stasiun televisi KBS mogok kerja, Presiden KBS Ko Dae-young akhirnya turun dari posisinya.

Seluruh anggota dewan direksi menerima Ko diturunkan dari posisinya.

Mosi tidak percaya pada Ko Dae-young mulai dilakukan sejak tanggal 8 Januari 2018 dengan tuduhan tidak berpihak pada wartawan dan tidak menghargai pendapat karyawan.

Rincian mosi tidak percaya itu diberikan kepada 10 dari 11 anggota dewan direksi yang hadir dalam pertemuan tertutup pada tanggal 22 Januari 2018.

Melalui pemungutan suara, enam anggota setuju dan satu orang absten.

Keputusan akhir menurunkan posisi Presiden Ko Dae-young diputuskan oleh Presiden Korea Selatan yang memutuskan untuk menerima atau tidak keingina jajaran direksi KBS.

“Kami akhirnya menang. Kami telah melakukan mogok kerja selama 141 hari dan Ko Dae-young akhirnya dikeluarkan. Meskipun perjuangan kami lebih lama 70 hari dari karyawan MBC yang juga memulai di waktu yang sama dengan kami, tetapi yang paling penting adalah kami bisa mewujudkan apa yang sudah kami perjuangkan. KBS sekarang akan memulai langkah barunya,” tulis karyawan KBS melalui siaran persnya seperti dikutip dari soompi.

“Kami hanya menghilangkan masalah terbesar yang menghalangi langkah KBS untuk menjadi stasiun televisi sejati untuk para pemirsanya. Impian kami bukan hanya membuat KBS seperti perusahaan 10 tahun yang lalu tetapi impian kami adalah membuat perusahaan ini mengakhiri sejarah memalukan dimana perusahaan menjadi budak dan tunduk pada kekuasaan. Kami akan membuat KBS menjadi perusahaan yang menyentuh hidup warga Korea Selatan dan mampu mencerminkan opini dan ide masyarakat,” lanjutnya.

Setelah Ko Dae-young diturunkan dari jabatannya, para karyawan yang ikut bergabung dalam mogok kerja ini, akhirnya kembali bekerja mulai tanggal 24 Januari 2018.

Facebooktwittermail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.